Kamis, 24 November 2011

Open Office pada LINUX

OpenOffice adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, webeditor, database, dan formula editing.
OpenOffice merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya. OpenOffice dikembangkan oleh komunitas OpenOffice yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.
OpenOffice Writer
Open OfficeWriter adalah salah satu komponen dalam OpenOffice yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
Open Office Calc
Open office Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.
Open Office Presentation
Open Office Impress adalah suatu aplikasi yang bersifat open source dan multiplatform.Sebagai aplikasi presentasi, Open Office Impress memiliki hampir semua fitur dan kemampuan yang diinginkan dari sebuah aplikasi presentasi. Open Office Impress juga memiliki jendela yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu-menu yang dapat bekerja dengan mudah.
Fitur dan kemampuan yang dimiliki Open Office Impress adalah :
1. Dapat membuat presentasi yang dilengkapi dengan multimedia
2. Kemampuan untuk menambahkan animasi dan efek khusus ke slide presentasi
3. Mempunyai tool-tool gambar yang dapat membuat gambar dengan dampak tampilan khusus
4. Kemampuan untuk membuat presentasi dalam bentuk gambar, outline, slide, note dan handout sehingga kebutuhan pendengar dapat dipenuhi
5. Menyimpan dokumen dalam format XML
6. Dapat menambahkan Flash (.swf) di presentasi
Open office Base
Open office Base atau dikenal dengan sebutan BASE saja adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini.
Database yang didukung :
MS Access Database
MySQL Database
PostgreSQL Database
Fasilitas Unggulan :
Support berbagai macam jenis Database
Bahasa Query SQL standard
Query Disainer
Database Relational HSQL

1 komentar:

ade reski mengatakan...

thanks infonya